Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAK dan Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Mariany Magdalena Nainggolan Pascasarjana, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wilson Simanjuntak Pascasarjana, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Abstract

Abstrak:

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru PAK terhadap motivasi belajar siswa, 2) besarnya pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa, 3) besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru PAK dan perhatian orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif inferensial. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lintong Nihuta Tahun Pembelajaran 2021/2022 yaitu 360 orang. Sampel ditentukan dengan teknik Random Sampling sebesar 15% yaitu 50 orang. Penelitian dianalisis dengan langkah: 1) menguji persyaratan analisis uji hubungan diperoleh rhitung>rtabel untuk X1 dengan Y=0,470>0,297, X2 dengan Y=0,455>0,297, X1X2 dengan Y=0,581>0,297. 2) Uji hipotesa diperoleh: a) diperoleh Fhitung=13,57>Ftabel=3,23 maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keterampilan mengajar guru PAK terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,09%, b) diperoleh nilai Fhitung=13,349>Ftabel=3,23 maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 20,70%, 3) diperoleh Fhitung uji hipotesa regresi ganda diperoleh Fhitung=11,97>Ftabel=3,23 terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru PAK dan perhatian orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lintong Nihuta Tahun Pembelajaran 2021/2022 sebesar 33,76%.

Abstract:

The aims of the study were to determine : 1) the magnitude of the influence of PAK teachers' teaching skills on students' learning motivation, 2) the magnitude of the influence of parental attention on students' learning motivation, 3) the magnitude of the influence of PAK teachers' teaching skills and parental attention together on students' learning motivation. Research with inferential descriptive quantitative approach . The population of all class XI students of SMA Negeri 1 Lintong Nihuta for the academic year 2021/2022 is 360 people . The sample was determined by the Random Sampling technique of 15%, namely 50 people. The study was analyzed by the following steps: 1) testing the requirements of the relationship test analysis obtained r count > r table for X 1 with Y = 0.470>0, 2 97, X 2 with Y = 0.455> 0, 2 97, X 1 X 2 with Y = 0.581>0.297. 2) Hypothesis testing is obtained: a) F arithmetic = 13.57> F table = 3.23 then H 0 is rejected and H a is accepted, that is, there is a positive and significant influence on PAK teacher teaching skills on student learning motivation of 22.09% , b) obtained the value of F arithmetic = 13.349> F table = 3.23 then H 0 is rejected and H a is accepted that is there is a positive and significant influence between parental attention on student learning motivation of 20.70%, 3) obtained F arithmetic test multiple regression hypothesis obtained F count = 11.97> F table = 3.23 there is a positive and significant influence between PAK teacher teaching skills and parental attention together on the learning motivation of class XI students of SMA Negeri 1 Lintong Nihuta in the 2021 academic year/ 2022 by 33.76%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas (2013). Kerangka Dasar kurikulum 2013, Jakarta.

Emmy R. 2008. Menjadi Orang Tua Cerdas, Tips Mendampingi Anak Belajar Yogyakarta: Kanisius.

Lessin, R. 2002. Disiplin Dalam Keluarga. Malang: Gandum Mas.

Lina Hadiawati, Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa (Penelitian dikelas X dan XI SMK Plus Ayun Kecamatan Semarang Kabupaten Garut), Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 02, No. 01, 2018.

Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nainggolan, J.M. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi (Sebagai Upaya Peningkatan Mutu

Nainggolan, J.M. 2007.Menjadi Guru Agama Kristen: Suatu Upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Profesi Keguruan. Bandung: Generasi Info Media.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sijabat, B.S. 1993. Mengajar Secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Kudus.

Suryabrata Sumadi, 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. rev. ed. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, 1992. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tumbuh, 2007.kontribusi Inteligensi, perhatian Orang Tua kebiasaan Belajar Dan kemampuan guru dalam mengelola Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi belajar Siswa: Jurnal ilmu Pendidikan dan pengajaran.

Wibowo, K. P., Marzuki. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916 Volume 2, No 2, September 2015 (158-169).

Downloads

Published

31-10-2022

Issue

Section

Articles