Pengaruh Media Audio Visual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PAK Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Eva Berliana Siahaan Siahaan Student

Keywords:

Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Siswa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama Terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti, dengan hipotesis: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti; 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti; 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar yang berjumlah 110 orang dengan sampel 55 orang yang diambil secara random. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 peserta didik yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis di atas diterima kebenarannya dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti sebesar 44.75% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 42.22>4.02. 2). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti sebesar 35.88% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 29.63> 4.02. 3). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti sebesar 50.83% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 26.94>3.18, dengan persamaan regresi dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama karena telah teruji secara empiris. Implikasinya: untuk meningkatkan Hasil Belajar PAK dan Budi Pekerti maka guru harus menggunakan Media Audio Visual dalam proses pembelajaran dan siswa memiliki Motivasi Belajar yang tinggi.

Published

29-01-2024

Issue

Section

Articles