Pengaruh Penerapan Segitiga Restitusi Dan Hospitalitas Guru Penggerak Terhadap Disiplin Diri Siswa SMA Negeri 3 Tarutung
Keywords:
segitiga restitusi, hospitalitas guru penggerak, Disiplin DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh segitiga restitusi dan hospitalitas guru penggerak terhadap disiplin diri siswa SMA Negeri 3 Tarutung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Sampel penelitian terdiri dari 201 siswa, dipilih dari total populasi 420 siswa menggunakan tabel Krejcie. Data dikumpulkan melalui angket tertutup sebanyak 170 item.Hasil penelitian menunjukkan bahwa segitiga restitusi berpengaruh signifikan terhadap disiplin diri siswa sebesar 19,30%. Hospitalitas guru penggerak juga memberikan pengaruh positif yang signifikan sebesar 17,40%. Selain itu, secara simultan, kedua variabel ini memengaruhi disiplin diri siswa dengan kontribusi sebesar 30,8%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung untuk kedua variabel lebih besar dari t tabel, serta F hitung lebih besar dari F tabel, membuktikan bahwa kedua variabel ini berperan penting dalam meningkatkan disiplin diri siswa.
References
Achmad Tavip, J.M. Sahrawi & Ika Agustin, A. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. Malang: Litnus.
Agustian, A. G. (2018). Dukungan sosial dalam membentuk disiplin waktu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, S. (2001). Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bachtiar, S. H. (2008). Communication in restorative triangles: A positive discipline management tool. Journal of Positive Behavior Interventions, 10(3), 159-167.
Baswedan, A. (2020). Pendidikan untuk semua: Membangun karakter dan kompetensi bangsa. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Baumeister, R. F., & Tierney, J. (2011). Willpower: Rediscovering the greatest human strength. Penguin Press.
Berkowitz, R. (2002). Restorative justice for juveniles: Conferencing, mediation and circles. Jessica Kingsley Publishers.
Bronson, M. B., Goodson, B. D., Layzer, C., & Love, B. J. (2013). Policy brief: Strategies to improve student time management. National Forum of Educational Administration and Supervision Journal, 30(4), 1-9.
Chen, L. (2021). Effective strategies for religious education teachers in fostering student time discipline. Religious Education Review, 78(1), 65-78.
Dakhi Agustin, Suksek. (2020). Kiat sukses meningkatkan disiplin siswa. Nias Selatan.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The 'what' and 'why' of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
De, L. L., Darmawan, K. D., & Sadwika, I. N. (2024). Kemandirian pendidikan: Eksplorasi konsep merdeka belajar melalui lensa filsafat pendidikan dan pemikiran Ki Hajar Dewantara. PROSPEK, 3(3), 368-376.
Duckworth, A. (2016). Grit: The power of passion and perseverance (Vol. 234). New York: Scribner.
Eccles, J. S., & Roeser, R. W. (2009). Schools as developmental contexts during adolescence. Journal of Research on Adolescence, 19(1), 71-94.
E. Mulyasa. (2016). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Erwin, J. C. (2003). Giving students what they need. Educational Leadership, 61(1), 19-23.
http://www.myecoach.com/online/resources/3916/Article_Giving_Students_What_They_Need.pdf
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program guru penggerak sebagai sumber belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1). https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/132
Febriyanti, R. (2015). Perilaku kedisiplinan siswa kelas X selama proses pembelajaran ilmu gizi di SMKN 3 Wonosari. (Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta.
Fitri, R. (2016). Developing early childhood discipline approach to restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1132
Gani, M. A. (2018). Pengaruh disiplin diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Akademi Maritim Cirebon. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 82-93.
Glasser, W. (1999). Choice theory: A new psychology of personal freedom. Harper Collins Publishers.
Gossen, D. (1997). It’s okay to make mistakes. Diakses dari https://www.esd.ca/Programs/Restitution/Documents/It's%20Okay%20to%20Make%20Mistakes%20Article.pdf
Gossen, D. (2004). It's all about we: Rethinking discipline using restitution. Diakses dari https://www.summiteducation.ca/five-positions-of-control/
Gossen, Diane . (2001). Restitution; Restructuring School Discipline, Tim Penyusun , Revised Edition. Chapel Hill, North Carolina: New Vlew Publications
Gossen, D. C. (1998). Restitution: Restructuring school discipline (Revised ed.). Chapel Hill, North Carolina: New View Publications.
Harun Darmawanto Simarmata. (2010). Hospitalitas: Warisan tradisi Kristen: Meretas sebuah model pendidikan Kristiani bagi kehidupan bergereja di dunia yang penuh perbedaan. (Tesis M.Th., STT Jakarta).
Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di sekolah. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(10), 6-14.
Hofifah, H. (2023). Implementasi segitiga restitusi dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 110–123. http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/ambarsa/article/view/146
Ismail, A. M., Supriatna, M., & Nurihsan, J. (2023). Student learning discipline during the Covid-19 pandemic. PUPIL: International Journal of Teaching, Education and Learning, 6(3), 1-13.
Iwan, S. (2015). Restorative approaches in education: A framework for understanding and implementation.Routledge.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023, 10 Desember). Cari tahu tentang pendidikan guru penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi kebutuhan belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi. Tata Akbar.
Panjaitan, S. C. I., Dewi, I., & Simamora, E. (2024). Implementasi ideologi pendidikan matematika pada pendidikan guru penggerak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 325-332
Rizal, S. (2023). Pendampingan komunitas guru RA menjadi guru penggerak di masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187-210.
Tshewang, C. (2022). Outcomes of positive discipline on student’s behaviors. RABSEL, 23(1).
http://journal.pce.edu.bt/index.php/rabsel/article/view/35
Walker, J. R., & Walker, J. T. (2022). Introduction to hospitality management. Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aknes Tiorida Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.