Pengaruh Hard Skill Guru Sekolah Minggu Terhadap Murid Sekolah Minggu Remaja di Gereja BKPN Jemaat Faomasi
Keywords:
hard skill, sekolah minggu, BKPNAbstract
Abstract:
This study aims to determine the effect of Sunday School Students, with the hypothesis the there is a positive influence between the Hard Skill and Soft Skills of Sunday School Teachers on the Characterof Youth Class Sunday School Student in the BKPN Church, Sibolga Resor Faomasi Congregation. This research uses descriptive and eferential quatitative methods. The research population was all of the Youth Class Sunday School Students at the BKPN Jemaat Faomasi Church, totaling 40 peaple with a sampel of 40 peaple. The research Instrument was a closed questionnaire, wich was compiled by the research based on the indicators of the research variables. The test questionnairewas conducted on 30 students who were not the research sample and had been tested with validity and reliability tests. The above hypothesis is accepted as true with the following data:1). There is a positive and significant influence between Sunday School teachers’ Hard Skills on the Character of Sunday School Students by 33,29% with Fcount˃Ftable that is 18.79>7.35.
Keywords: Hard skill, Sunday School
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hard Skill Guru Sekolah Minggu, dengan hipotesis terdapat pengaruh yang positif antara Pengaruh Hard Skill Terhadap Karakter Murid Sekolah Minggu Kelas Remaja di Gereja BKPN Jemaat Faomasi Resor Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh Murid Sekolah Minggu Kelas Remaja di Gereja BKPN Jemaat Faomasi yang berjumlah 40 orang dengan sampel 40 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa yang bukan sampel penelitian dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis di atas diterima kebenarannya dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Hard Skill Guru Sekolah Minggu Terhadap Karakter Murid Sekolah Minggu sebesar 33,29% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 18.79>7.35. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif Hard Skill Guru Sekolah Minggu Terhadap Karakter Murid Sekolah Minggu Kelas Remaja di Gereja BKPN Jemaat Faomasi Resor Sibolga secara sendiri-sendiri karena telah teruji secara empiris. Implikasinya, jika akan meningkatkan karakter murid sekolah minggu, guru sekolah minggu harus menerapkan Hard Skill dalam mengajarkan anak sekolah minggu.
Kata Kunci: Hard Skill, Sekolah Minggu
References
Aji, S.N. 2013. “Kemampuan Soft Skill Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA Negeri Se-Kabupaten Purwerejo” Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakrta.
Aji, S.N. 2013. “Kemampuan Soft Skill Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA Negeri Se-Kabupaten Purwerejo” Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakrta.
Alam Slami, Faizal, 2012. Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang). Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Anwar, Moch Idich. 2017. Kepemimpinan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekeatan Praktek.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Badriyah Fayumi, 2013. 2 November. KPA: 76 persen Kelas 4-6 SD Sudah Pernah Melihat Pornografi. Sinar Indonesia Baru.
Iskandar, 2010. T.A.H. Nurhardjo Budi, Krisnabudi, N.G. Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kecendrerungan Keinginan Pemilihan Bidang Kerja Melalui Kepercayaan Diri Mahasiswa. Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jamber.
Kristanto, Paulus Lilik 2006. Prinsip &Praktik Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: ANDI.
Leigh, Ronal W, 2011. Melayani Dengan Efektif, Jakarta: BPK.
Power J. M. Wataha J.C. 2008, Dental Materials Properties and Manipulation Ninth Edition. India: Elsevier
Mustari, 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Sugiyono,2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nashir, Header. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan, Yogyakarta: Multi Presindo
Lickona, Thomas. 2018. Education for character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Euangelion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.