Revitalisasi Kegiatan Literasi Rumah Baca Yayasan Kasih Untuk Bangsa Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Keywords: revitalization, Rumah Baca, digital literacy during the pandemicAbstract
Abstract:
The purpose of this activity is to revitalize the literacy activities of the Yayasan Kasih Untuk Bangsa (YAKUB) which has been in hiatus for months due to a decrease in reading interest by Rumah Baca’s visitors, which was added after the Covid 19 Pandemic. This activity is carried out using online and offline methods. First, online Live Instagram and Facebook Rumah Baca campaign for literacy awareness (reading culture) in the form of book discussions and book reviews and second, offline is used for the evaluation of the Rumah Baca’s team. This activity was carried out for 1 month with 3 important things, namely forming a service division at the Rumah Baca, dividing work related to literacy activities at the Rumah Baca, cultivating communicative and friendly coordination and planning and organizing interesting and useful literacy events. Based on the activity analysis, it can be said that after increasing the interest of Rumah Baca's FB and IG followers to read and active digital literacy services on Rumah Baca's social media accounts (FB and IG). It can be seen from: 1. The ability to organize online gymnastics activities for all followers including the elderly as evidenced by interesting pamphlets on the Rumah Baca’s social media account; 2. Ability to review Rumah Baca's documented books in Rumah Baca's FB and IG feeds; 3. The enthusiasm of Rumah Baca's followers welcomes posts on the review of Rumah Baca's books and events held there.
Keywords: revitalization, Rumah Baca, digital literacy during the pandemic
Abstrak:
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk merevitalisasi kegiatan literasi Rumah Baca Yayasan Kasih Untuk Bangsa (YAKUB) yang sudah berbulan-bulan vakum karena Pandemi Covid 19. Kegiatan ini dilakukan dengan metode online dan offline. Pertama, secara online melalui Live Instagram dan facebook Rumah Baca mengkampanyekan sadar literasi (budaya membaca) berupa diskusi buku dan review buku dan kedua, secara offline digunakan untuk kegiatan evaluasi tim Rumah Baca dan tim Dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan dengan 3 kegiatan penting yaitu membentuk devisi pelayanan literasi di Rumah Baca, membagi kerja tiap devisi Rumah Baca, membudayakan koordinasi komunikatif dan kordial serta merencanakan dan menyelenggarakan event-event literasi menarik dan bermanfaat. Berdasarkan analisis kegiatan maka dapat disimpulkan bahwa setelah kegiatan dilaksanakan terjadinya peningkatan minat followers FB dan IG Rumah Baca untuk membaca dan aktifnya pelayanan literasi digital di akun media sosial (FB dan IG) Rumah Baca. Peningkatan itu terlihat dari meningkatnya: 1. Kemampuan menyelenggarakan kegiatan pelayanan sosial berupa diselenggarakannya senam online untuk semua followers termasuk lansia yang dibuktikan dengan postingan flyer-flyer menarik di akun media sosial Rumah Baca; 2. Kemampuan untuk mereview buku-buku Rumah Baca yang terdokumentasi dalam feed FB dan IG Rumah Baca; 3. Antusiasme followers Rumah Baca menyambut postingan-postingan review buku Rumah Baca dan event-event yang diselenggarakan di sana.
Kata Kunci: revitalisasi, Rumah Baca, literasi digital di masa pandemi
References
Aliyatin Nafi sah. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81.
Dian Ikawati Rahayuningtyas, D. R. Y. (2020). Pengembangan Model Multiple Intelligences Based Learning Untuk Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 63–74. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1698
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
oecd 2010. (2010). Education at Glance 2010. Education, 6(February), 1–474.
oecd 2012. (2012). Education at a Glance, Education at a Glance 2012:OECD Indicators.
oecd 2014. (2013). Education at a Glance 2013 - Statistics. Oecd, September, 480.
oecd 2016. (2007). Education at a glance : OECD indicators 1997. Education, 406 p.
oecd 2018. (2018). Indicator C5 How much do tertiary students pay and what public support do they receive? 292–306. https://doi.org/10.1787/eag-2018-25-en
Vivi Indriyani*, M. Zaim, Atmazaki, S. R. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Euangelion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.