PAK Dewasa Dalam Gereja Lokal

Authors

  • Hotniel Simanjuntak Prodi Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Nursalina Sihombing Prodi Kepemimpinan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Jonatan Desvela Tambunan Prodi Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Damayanti Nababan Prodi Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

PAK Dewasa, alkitab, gereja lokal

Abstract

Abstract:

Adult Education (Andragogy) must be based on assumptions about self-concept, experience, readiness to learn, and learning orientation. Self-concept relates to the need for an understanding of adults who are psychologically mature. Biblically, education is an effort to develop the insight, abilities and life attitudes of students through the teaching and example of their educators, so that (the goal) becomes a person of faith, integrity, character like Jesus and able to use their faith in responding to life's challenges and being able to humanize each other with various lives. which has been given by God given to children since childhood and taught by people who have gifts, are able to teach and are real examples of life based on Bible values.

Abstrak:

Pendidikan Orang dewasa (Andragogy) harus didasari asumsi tentang konsep diri, pengalaman, kesiapan belajar, dan orientasi belajar. Konsep diri berkaitan dengan perlunya pemahaman terhadap diri orang dewasa yang sudah matang secara psikologis. Secara Alkitabiah pendidikan adalah usaha menumbuh kembangkan wawasan, kemampuan dan sikap hidup peserta didik melalui pengajaran dan teladan pendidiknya, agar (tujuannya) menjadi pribadi yang beriman, berintegritas, berwatak seperti Yesus dan mampu menggunakan imannya dalam menjawab tantangan hidup serta mampu memanusiakan sesamanya dengan berbagai kehidupan yang telah dikaruniakan Tuhan yang diberikan kepada anak-anak sejak kecil dan diajarkan oleh orang-orang yang mempunyai karunia, cakap mengajar dan keteladanan hidup yang nyata berdasarkan nilai-nilai Alkitab.

References

Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012.

Ansori. “Metode Mengajar: Kajian Relasi Antara Pendidikan Gereja Dengan Perkembangan Psikologis | 107 METODE MENGAJAR: KAJIAN RELASI ANTARA PENDIDIKAN GEREJA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS.” Paper Knowledge Toward a Media History of Documents 3, no. April (2015): 49–58.

Coles, Townsend, Edwin Keith. Adult Education in Developing Countries. Oxford: Pergamon Press, 1977.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Drs.M. Alisuf Sabri. Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan. Cetakan pe. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta, 1992.

Gangel, Kenneth O. Membina Pemimpin Pendidikan Kristen. Malang: Gandum Mas, 2003.

Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gungung Mulia, 1998.

KAJIAN MANFAAT ALKITAB MENURUT 2 TIMOTIUS, DAN IMPLIKASINYA BAGI ORANG PERCAYA MASA KINI, and Marthen Mau1. “Manna Rafflesia” 2, no. April (2021): 235–257.

Santiriksa. Merangkul Sebuah Pendewasaan. Edited by Guepedia/La. Guepedia, n.d.

Sugiyanto. Pendidikan Orang Dewasa Andragogi. Edited by Christoforus. Pertama. Malang: Tim UB Press, n.d.

Sujarwo. “Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 1–10.

Downloads

Published

31-10-2022

Issue

Section

Articles