Hubungan Keterampilan Mengajar dan Keaktifan Belajar Dengan Penguasaan Materi Melalui Strategi Kooperatif

Authors

  • Hotnida Romeita Panggabean Pascasarjana IAKN Tarutung

Keywords:

Skill, Activeness, Material Mastery

Abstract

Abstract:

This research aims to find out the relationship between Christian Education Teacher Skills and Student Learning Activity together with Material Mastery through Cooperative Learning Strategies, with the hypothesis that there is a positive and signative relationship between PAK Teacher Teaching Skills and Student Learning Activity together with Material Mastery through Cooperative Learning Strategies. This study uses quantitative methods with inference statistics. The results of this study prove: There is a positive and positive relationship between pak teacher teaching skills and student learning activity together with Material Mastery through cooperative learning strategy, obtained double correlation coefficient of 0.695, significant double correlation test obtained Fhitung > Ftabel  value of 25.96>4.02 and double contribution of 48.30%. Based on the results of the study can be concluded that there is a positive and significant relationship between PAK Teacher Teaching Skills and Student Learning Activeness with Material Mastery through Cooperative Learning Strategy grade VIII SMP Negeri 1 Pinang Sori Tapanuli District Tengah Learning Year 2019/2020 together because it has been empirically tested.

Keywords: Skill, Activeness, Material Mastery

 

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Keterampilan Mengajar Guru PAK dan Keaktifan Belajar siswa secara bersama-sama dengan Penguasaan Materi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif, dengan hipotesa terdapat hubungan yang positif dan signikan antara Keterampilan Mengajar Guru PAK dan Keaktifan Belajar siswa secara bersama-sama dengan Penguasaan Materi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik inferensial. Hasil penelitian ini membuktikan: Terdapat hubungan yang positif dan signikan antara keterampilan mengajar guru PAK dan keaktifan belajar siswa secara bersama-sama dengan Penguasaan Materi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif, diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,695, uji signifikan korelasi ganda diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar 25.96>4.02 dan besarnya kontribusi ganda sebesar 48,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru PAK dan Keaktifan Belajar siswa dengan Penguasaan Materi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif kelas VIII SMP Negeri 1 Pinang Sori Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2019/2020 secara bersama-sama karena telah teruji secara empiris.

Kata Kunci: Keterampilan, Keaktifan, Penguasaan Materi

References

Ahmadi Ahmad dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Belandina Janse. 2009. Profesionalisme Guru Dan Bingkai Materi. Bandung: Bina Media Informasi.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak didk dalam interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful dan Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan J.J. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harianto G.P. 2012. Pendidikan Agama kristen dalam Alkitab & dunia pendidikan masa kini. Yogjakarta: Andi.

Homrighausen, E.G dan Enklaar, I.H. 2009. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutabarat, Oditha. 2006. Pedoman Untuk Guru Pendidikan Agama Kristen SD-SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. Bandung: Bina Media Informasi.

Kristanto, Paulus Lilik. 2006. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI.

Isjoni. 2011. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Ismail, Andar. 2011. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Jauhari Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lie Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa E. 2008. Menjadi Guru Profesionalisme, Menciptakan Pembelajaran Dan Menyenangkan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Nainggolan Jhon M. 2007. Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media.

_____. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi.

_____. 2011. Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani: Bandung: Bina Media Informasi.

Priansa. 2017. Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Rusman 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Roestiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sabri Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sagala, H. Syaiful, 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

_____. 2006. Strategi Belajar Mengajar Beririentasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sijabat, B.S. 2009. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.

____2011. Membangun Pribadi Unggul. Yogyakarta: Andi.

Siregar Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

------. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarman Timotius. 2012. Gereja yang Bertumbuh dan Berkembang. Yogyakarta: ANDI.

Sumiati dan Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suprijono Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutikno Sobry M, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect.

Syah. Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mendesain model Pembelajaran Inovati-Progresif, Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah dan Nurdin, Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

25-10-2021

Issue

Section

Articles