Manajemen Strategis Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Benry Silaban SMA Negeri 3 Tarutung

Keywords:

manajemen, mutu, pendidikan, kepala sekolah

Abstract

Manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan dari organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi termasuk di sekolah. Namun, bagaimanapun gagasan yang terkait dengan proses belajar dan pembelajaran dan implementasinya di sekolah mutlak harus melibatkan unsur guru. Artikel ini merupakan penelitian tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di Kecamatan Tarutung. Implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dapat dilakuan dengan dengan cara memberi izin belajar, In House Traaining, MGMP, Diklat, mengikutsertakan guru dalam perlombaan. Disamping itu, Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Dimensi evaluasi diri sekolah diantaranya Visi dan Misi sekolah, Tujuan peningkatan mutu sekolah, Sumber daya belajar mengajar, Pengelolaan kurikulum, Skala prioritas program, Prencaanaan dan pengembangan jangka panjang peningkatan mutu, Monitoring dan evaluasi program. Tujuan peningkatan mutu sekolah pelaksanaannya tersebut perlu diimplementasikan pada Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Penelitian mengenai program pengembangan berkelanjutan khususnya menjadi acuan dan sarana dalam peningkatan mutu Pendidikan ini dilakukan di kecamatan Tarutung.

References

Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu. Barnawi dan Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Arruz media.

Dirgantoro, Crown. 2004. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Grasindo. cet-2.

Fattah, Nanang. 2016. Manajemen Strategik Berbasis Nilai. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet-2.

Griffin, 2002, Manajemen, Boston America : Houghton Mifflin Company (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia 2003). Jakarta: Erlangga.

Hariadi, Bambang. 2005. Strategi Manajemen Strategi Memenangkan Perang Bisnis. Malang: Bayumedia Publishing,Cetakan kedua.

Imeldawati, T. (2020). Guru PAK Sebagai Desainer Pendidikan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 32–49.Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan menghadapi sertifikasi guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mudlofir, Ali. 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. cet-IV.

Mulyono. 2010. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia. cet-2.

Pearce II, John A. & Richard B. Robinson Jr. 2003. Stategic Management: Formulation, Implementation, And Control (Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian). Penerjemah: Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Pemerintah (PP) No.74 tahun 2008 tentang Guru.

Sihombing, A. N. dan W. F. (2021). Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 5 No. 1, 116–124. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619

Downloads

Published

30-04-2023

Issue

Section

Articles