Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kristiani Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA

Authors

  • Daniel Ibrani Hutabarat Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kristiani, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh supervisi  akademik terhadap kinerja guru SMA di Kecamatan Tarutung; 2) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja   guru SMA di Kecamatan Tarutung; 3) untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap  kinerja guru SMA di Kecamatan Tarutung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SMA di Kecamatan Tarutung yang tersebar pada 6 sekolah sebanyak 173 orang guru dan ditetapkan sampel sebanyak 118 orang dengan menggunakan tabel Krejcie. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 105 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara  supervisi akademik terhadap kinerja guru SMA di Kecamatan Tarutung; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di Kecamatan Tarutung; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi akademik dan kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di   Kecamatan Tarutung. Dibuktikan dengan pengujian hipotesis yaitu: 1) nilai F hitung > F tabel antara supervisi akademik terhadap kinerja guru yaitu 33,825 > 3,07, dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh  yang  positif  dan  signifikan  antara  supervisi  akademik terhadap kinerja guru SMA di   Kecamatan Tarutung yaitu sebesar 22,6%, 2) nilai F hitung > F tabel antara kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu 41,315 > 3,07, dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara   kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di   Kecamatan Tarutung yaitu sebesar 26,3%, 3) nilai F hitung > F tabel antara supervisi akademik dan kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu 26,041 > 3,07, dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh  yang  positif dan signifikan antara supervisi akademik dan kepemimpinan kristiani kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di Kecamatan Tarutung yaitu sebesar 31,2%, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Alkitab. 2002. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia

Andang. 2014. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asf, J. & Mustofa, S. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arifin, Johar. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Barnawi. & Arifin, M. 2017. Instrumen Pembinaan dan Peningkatan, & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dayton, Ted Engstrom dan Edward. 1998. Seni Manajemen Bagi Pemimpin Kristen. Bandung: yayasan Kalam Hidup.

E. Fred Fiedler. 1967. A Theory of Leadership Effectiveness New York: Mc. Graw Hill.

Herabudin. 2009. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/070806 (diakses tanggal 21 April 2022)

John MacArthur (2009). Kitab Kepemimpinan. 26 Karakter Pemimpin Sejati. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Kompri. 2015. Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniadin Didin & Imam Machali. 2012. Manjemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mukhtar dan Iskandar, M.Pd. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Mulyadi. & Fahriana, A.S. 2018. Supervisi Akademik: Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya. Malang: Madani.

Mulyasa, H.E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H.E. 2017. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah Tersedia di https://sumsel.bpk.go.id/files/2009/10/LAMPIR3.PDF (diunduh 21 April 2022).

Prasojo, L.D. & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

P. Stephen Robbins. 1993. Organization Behavior. New Jersey: Prentice-Hall.

Rachmawati, T. & Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarka: Gava Media.

Sanders,J. Oswald. Kepemimpinan Rohani. Bandung: Yayasan Kalam Hidup,1979.

Soetjipto dan Kosasi, Raflis. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyanto Wiryoputro. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alvabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Wajib Belajar. 2016. Bandung: Citra Umbara.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen. 2018. Yogyakarta: Laksana

Y. Gunawan, Pr. 2019. Kepemimpinan Kristiani: Melanyani Sepenuh Hati. Yogyakarta: Gramedia.

Downloads

Published

30-04-2023

Issue

Section

Articles