Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Authors

  • Desi Ribka Sari Samosir Jl. Jamnin Ginting KM14,5 Medan
  • Betty A. S. Pakpahan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wilson Simanjuntak Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

penguatan, kreativitas, Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti, siswa, guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis terdapat tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan pemberian penguatan (reinforcement) dan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti secara bersama-sama terhadap motivasi belajar  siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan statistik inferensial. Populasi adalah seluruh Siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 adalah 166 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 50 orang yaitu 30% dari jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 55 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian penguatan (reinforcement) dan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar  siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan nilai sebagai berikut: Uji hipotesa diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,56 > 3,20 dan (r2) = 88,45% dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama dengan variabel Y. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Abdurahman, Muhidin, & Somantri. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Pustaka Setia

Alma, Buchari. 2009. Guru profesioanal Menguasi Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alvabeta

Boehlke, Robert R. 2000. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Plato sampai IG Loyoha. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Djamara Bahri Syiful. 2013. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

E.G.Homrighausen.2005. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Farida Rahim, 2008. Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Fathurrohman, Muhammad. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Meninkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, J.J. Drs & Moedjiono. 1985. Proses Belajar Mengaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Idris, dan Marnao. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Imeldawati, T., Marbun, N., & Nainggolan, E. N. (2023). Strategi Pembelajaran PAK Anak di Era Digital dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak dalam Jemaat RPCC Cambridge Medan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 63–90.

Iskandar Agung. 2010. Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Bagi Guru. Cet 1, Jakarta: Bestari Buana Mumi

M. Arifi, Barnawi. 2015. Micro Teaching Teori dan Praktek Pengajaran Yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Makmun, A. S. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Moh. Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mudjiono, Dimayanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung: PT Rosdakarya

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Munandar, Utami. 2017. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar, Yokyakarta: Ar-Ruzzmedia

Paulus Lilik Kristanto.2008. Prinsip dan Praktek PAK Penuntun bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi

Purwato, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosda Karya

Riduwan dan Sunarto, H. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sadirman. 2011. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sihombing, A. N. dan W. F. (2021). Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 5 No. 1, 116–124. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619

Singarimbun, Masri dan Shofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Soemanto, Wasti. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Wijaya, C., & Rusyan, T. (1991). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winaputra, Udin S. dkk. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

30-04-2023

Issue

Section

Articles