Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Pada Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung
Keywords:
motivasi belajar, konsep diri, prestasi, akademikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP, 2) pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP, 3) pengaruh secara simultan dari motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Inferensial. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada mahasiswa penerima KIP memiliki IPK di bawah 3,00. Beberapa faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa diantaranya motivasi belajar dan konsep diri. Dari hasil analisa data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Persamaan regresi Y atas X1 dan X2 diperoleh Y ̂= 19,16+0,022 X, artinya setiap penambahan X1 dan X2 sebesar satu satuan unit maka akan terjadi penambahan variabel Y sebesar 0,022. 2) Besarnya persentase pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 63,4 %. 3) Uji hipotesa diperoleh: a) uji hipotesa X1 terhadap Y diperoleh nilai t - Hit = 4,275 > t - Tab = 1.980 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi akademik, b) X2 terhadap Y diperoleh nilai t - Hit = 4,227 > t - Tab 1,980 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan konsep diri terhadap prestasi akademik, c) uji hipotesa X1 dan X2 terhadap Y diperoleh nilai F - Hit =101,326 > F - Tab = 3,07 sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yaitu terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan konsep diri secara simultan terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP pada Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung.
References
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Emda, A. (2018).Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
E. Scott Geller. (2016). The Psychology of Self- Motivation. Applied Psychology Cambridge Core, 83–118.
https://doi.org/doi.org/10.1017/CBO9781107785304.006
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar ( Jakarta : PT.Bumi Aksara )
Hamzah. B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock, E.B. (2007). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima (Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.
Kunandar. (2013). Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013) suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Metriyana, M., & LATARUVA, E. (2014). Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self-Efficacy Dan Status Kerja Terhadap Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Bekerja Dan mahasiswa Tidak Bekerja (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Nurul. (2014). Hubungan pengetahuan dengan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan di RSUD dr. Soekardjo kota Tasikmalaya.jurnal manajemen informasi kesehatan Indonesia vol. 3 no. 1.
Pambudi, P. S., & Wijayanti, D. Y. (2012). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 149-156.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Slavin. 2005. Cooperative Learning.
Sugiarti, R. (2019). Karakteristik Siswa Cerdas Istimewa. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Wienda, T. A. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 25-53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Euangelion

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.