Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Petani Kristen Di Sekitaran Kawasan Danau Toba Melalui Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Baku Rumput Liar

Authors

  • Julita Herawati P julitahp@iakntarutung.ac.id
  • Fanorotodo Laia Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

Pembuatan Pupuk Organik, Kualitas Keluarga

Abstract

Abstract:

Entering college is something that everyone and parents really want, but sometimes this is hampered because of the limitations of the family economy. However, this can be realized because of the presence of IAKN Tarutung which provides relief to the community with very affordable tuition fees. Many students who have entered the Tarutung IAKN also experience tuition arrears because on average the parents of these students are farmers so that from the results of this study parents can learn how to get satisfactory agricultural results without being burdened with very expensive fertilizer prices. balance of agricultural produce. If the parents' agricultural produce is good, then indirectly the payment of tuition fees will not be in arrears and the graduation period will be faster.

Keywords: Making Organic Fertilizer, Family Quality

 

 

Abstrak:

Masuk pada perguruan Tinggi hal yang sangat di dambakan oleh semua orang dan juga orang Tua akan tetapi kadang hal ini terhabat karena keterbatasan Ekonomi keluarga. Namun hal ini dapat terwujud karena kehadiran IAKN Tarutung yang memberikan keringan pada masayarakat dengan uang kuliah yang sangat terjangkau. Mahasiswa yang telah masuk di IAKN Tarutung masih banyak juga mengalami penungggakan uang kuliah karena rata-rata orang tua dari mahasiswa tersebut merupakan Petani sehingga dari hasil penelitian ini orang Tua dapat belajar bagaimana supaya Hasil pertanian yang memuaskan dengan tidak terbebani dengan harga Pupuk yang sangat mahal tidak seimbang dari hasil pertanian. Jika hasil pertanian orang tua bagus maka dengan secara tidak langsung pembayaran uang kuliah tidak akan menunggak dang masa kelulusan pun semakin cepat.

Kata Kunci: Pembuatan Pupuk Organik, Kualitas Keluarga

References

Bowling A. (2014). “Quality of life: measure and meanings in social care research”, National Institute for Health Research.

Diener, E., Oishi, S., Lucas, R.E., & Suh, E. . (2013). Cross cultural variations in predictors of life satisfaction; Perspective from needs and values. Personality and Social Psychology Bulletin.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Indriani, Y. H. (2004). Membuat Kompos Secara Kilat. Penebar Swadaya.

Ramadhani, P. E. (2010). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Lingkungan Psikososial Kerja Dengan Komitmen Organisasi. Universitas Muhamadiah Suarakarta.

Sarwono. (2011). Peraturan Menteri Pertanian No.70/Permentan /SR.140/10/2011. Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah.

Wenda M., Hidayati S., dan P. S. (2017). Aplikasi Pupuk Organik Cair dan Komposisis Media Tnaman terhadap Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L). Jurnal AGROTECH Science.

Downloads

Published

25-10-2021

Issue

Section

Articles