Metode Bervariasi Oleh Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Hotmauly Munthe SD Negeri 173427 Simanullang Toba

Abstract

Abstract:

Students in class often lack motivation to study Christian religious education, it can also be due to boring learning methods. This is indicated by students not paying serious attention, not being diligent in doing assignments, being lazy, noisy during the teaching and learning process, and even not wanting to ask the teacher for material they have not understood. The lack of student learning motivation is influenced by several factors that influence student learning motivation, namely: student goals and aspirations, student abilities, student environmental conditions, dynamic elements in learning and learning, teacher efforts in teaching students ". One of the elements that influence learning motivation is the teacher's efforts in teaching students. This is a challenge for teachers to strive so that students have the motivation to take PAK lessons. Teachers must use various ways to generate student motivation to learn through the application of various methods, because PAK lessons are needed to create human beings who believe and are devoted to God Almighty and have noble character.

 Keywords: learning, method, varied

Abstrak:

Siswa di kelas sering kali kurang motivasi untuk belajar pendidikan agama Kristen dapat juga dikarenakan metode belajar yang membosankan. Hal ini ditandai dengan siswa tidak memberikan perhatian yang serius, kurang tekun mengerjakan tugas, malas, ribut pada saat proses belajar mengajar berlangsung, dan bahkan tidak mau bertanya kepada guru materi yang belum dimengertinya. Kurangnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu: cita-cita dan aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan siswa”. Salah satu unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah upaya guru dalam membelajarkan siswa. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengupayakan agar siswa-siswi mempunyai motivasi mengikuti pelajaran PAK. Guru harus menggunakan berbagai cara dalam membangkitkan motivasi belajar siswanya melalui penerapan metode secara bervariasi, karena pelajaran PAK sangat dibutuhkan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berahlak mulia.

Kata Kunci: belajar, metode, bervariasi

References

Ali, Mohammad dan Asrori Mohammad, 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyirint, Gustaf. 2010. Langkah Cerdas menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.

Dalyono, M.2005.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

__________. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful dan Aswan, Zain. 2016. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman Pupuh dan Sobry Sutikno.2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Reflika Aditama

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harianto G.P. 2012. Pendidikan Agama kristen dalam Alkitab & dunia pendidikan masa kini. Yogyakarta: Andi.

Homrighausen, E. G dan Enklaar, I. H, 2009. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Ismail, Andar. 2004. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Iscom.

Kristanto, Paulus Lilik. 2006. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan. Bandung: PT. Rosda Karya.

Munandar, Utami, 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rhineka Cipta.

Nainggolan Jhon M. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi.

Price, J. M, 2011. Yesus Guru Agung (Jesus The Teacher). Bandung: Lembaga Literatur Baptis.

Poerwadarminta. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Rusman 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Quantum Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Sijabat, B.S. 2000. Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani. Jabar: IKAPI.

_____. 2009. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Silitonga, Sam. 2000. Nilai-nilai Kependidikan dari Yesus dan Sistem Pendidikan Nasional. Medan: Manora.

Siregar, Eveline dan Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

_____. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiyatiningsih, Dien. 2006. Mengajar Dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: Andi.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Syah Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u Tulus. 2010. Pemimpin Kristen Yang Berhasil 2. Bandung: Bina Media Informasi.

Uno, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. H. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Downloads

Published

25-10-2021

Issue

Section

Articles