Pengaruh Model Pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa
Keywords:
Learning Model type STAD (Student Team Achievement Division); Christian Religious Education Study Achievement of StudentsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen siswa SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Metode yang digunakan adalah kuantitatif inferensial. Berdasarkan hasil analisa data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean dibuktikan dengan uji korelasi diketahui rhitung= 0,489. > rxy =0,226; uji signifikansi diketahui thitung= 4, 003 > ttabel = 2,000 dan melalui uji koefisien determinasi diketahui pengaruh Model Pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa sebesar 23,9% %. Dengan demikian Ha yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model Pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean diterima dan H0 ditolak.
References
Abdullah Sani, Ridwan. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1): 68-75, 2015
ISSN: 2088-351X
Aqib, Zainal & Ahmad Amrullah. 2019. Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Nganjuk: Pustaka Referensi.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Boehlke, Robert R. 2016. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Darmawan, Ricky and , Muhroji, 2015. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammaiyah.
Fauziah, Miftahul . 2015. Penerapan Metode STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Sanitasi Hygiene dan K3 Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X Di SMK N 1 Kalasan.Yogyakartya: UNY.
Gintings, Abdorrakhman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Humaniora Press:
Groome, Thomas H. 2017.Pendidikan Agama Kristen.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Handayani, Suci. 2019. Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Ponorogo: Uais Inspirasi Indonesia.
Hayati. Sri. 20l7. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Kooperatif Learning: Graha Cendekia.
Herawati, Julita. Hubungan Kompetensi Profesional Guru PAK dengan Prestasi belajar siswa. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 6 No. 1 Januari 2020 P-ISSN:2549-3043E-ISSN:2655-3201.
Homrighausen, E.G. & Enklaar. 2017. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Karwono, Ahmad & Irfan Muzni. 2020. Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan. Depok: PT RaJa Grafindo Persada.
Kusumaningsih, Herma. 2022. Cooperative learning STAD Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Laana L. D. & Dorce Sondopen. 2018. Keterampilan Guru PAK Untuk meningkatkan Minat Belajar Murid di Kelas. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan.
Nurani, Siska Endah; Afif Afghohani, Annisa Prima Exacta. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama Volume VI Nomor 2 Desember 2020.
Panjaitan. Binur dkk. 2019. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Tarutung: IAKN.
Pasaribu, A.G. 2022. Konseling Kristen dan Problematika Belajar Siswa. Medan: CV Alpha Omega Mulia.
Pasaribu, A.G. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Minat belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP N 4 Tarutung Tahun 2018. Jurnal Christian Humaniora, Vol.2, No.1, Mei 2018.
Pingga, Yulia Susanti. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021 Available Online at : https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati ISSN: 2776- 6454 (e) ; 2776. 995X (p) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
Rahmawida. 2019. Skripsi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievment Division Team dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VIII. 3 SMP Negeri 3 Mallusetasi Kabupaten Barru. Pare-pare: IAIN.
Ramadhani, Ismatul Maula. Hastik Oktavianur Rahmawati, Fairuz Zubady Al Farizy. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD mata Pelajaran PAI Untuk meningkatkan Minat Beajar Siswa. Vol. 8, No. 3, Oktober 2022 P-ISSN:2085-2487; E-ISSN: 2614-3275 DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.304
Rozikin, Slamet . Hermansyah Amir 2, Salastri Rohiat 2018. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2018:2(1):78-81.
Rosyid, Zaiful; Mustajab; Aminol Rosid Abdullah. 2019. Prestasi Belajar. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.
Ramadhani, Ismatul Maula. Hastik Oktavianur Rahmawati, Fairuz Zubady Al Farizy. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD mata Pelajaran PAI Untuk meningkatkan Minat Beajar Siswa. Vol. 8, No. 3, Oktober 2022 P-ISSN:2085-2487; E-ISSN: 2614-3275 DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.304
Sitorus, H. 2021. Pembentukan Karakter Kristiani Anak Oleh Guru dan Orang Tua. Tarutung: IAKN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Euangelion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.