Pendidikan Anak Usia Dini dalam Domain Pemimpin Gereja
Keywords:
Early Childhood Education, Church Leaders, domainsAbstract
Abstract
Early Childhood Education in the domain of church leaders is Early Childhood Education which receives convenience from the domain of church leaders. Early Childhood Education included in the domain of church leaders is formal Early Childhood Education and Non-Formal Early Childhood Education. The basis of this paper is first: The domain of church leaders towards formal Early Childhood Education is in the achievement of quality map instrument standards and child pride standards in child development reports. Second: The domain of church leaders towards non-formal Early Childhood Education is in improving the competence of Sunday school teachers and fundraising or becoming donors in the implementation of Sunday school activities. So formal and non-formal Early Childhood Education is hopeful in the domain of church leaders. Should be, because it is based on biblical teachings, church leaders also hope to be able to smell formal and non-formal Early Childhood Education.
Keywords: Early Childhood Education, Church Leaders, domains
Abstrak
Pendidikan Anak Usia Dini dalam domain pemimpin gereja adalah Pendidikan Anak Usia Dini yang menerima kemudahan dari domain pemimpin gereja. Pendidikan Anak Usia Dini yang termasuk dalam domain pemimpin gereja ialah Pendidikan Anak Usia Dini formal dan Pendidikan Anak Usia Dini non formal. Dasar dari hasil tulisan ini ialah pertama: Domain pemimpin gereja terhadap Pendidikan Anak Usia Dini formal ialah dalam pencapaian standar instrumen peta mutu dan standar perkemabangan anak dalam laporan perkembanagan anak. Kedua: Domain pemimpin gereja terhadap Pendidikan Anak Usia Dini non formal ialah dalam peningkatan kompetensi guru sekolah minggu dan penggalangan dana atau menjadi donatur dalam pelaksanaan kegiatan sekolah minggu. Jadi Pendidikan Anak Usia Dini formal dan non formal berharap dalam domain pemimpin gereja. Seyogianya, karena didasari ajaran Alkitab, pemimpin gereja juga berharap agar dapat berdomaian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini formal dan non formal.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pemimpin Gereja, domain
References
Alkitab. 2018. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Alexander Stevanus, 2020 Analisis Kritis Teologis Mengenai Pemahaman Kontekstualisasi Pemimpin Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah di Kota Tomohon, Euanggelion-Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 1 No.2.
Kementerian Kesehatan RI (2016). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA.
Depertemen Pendidikan Nasional. 2000. Metode Pengembangan agama, Moral, Disiplin dan Afeksi. Bandung: Depertemen Pendidikan dan kebudayaan.
Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK Jakarta: Universitas Terbuka.
Prastiti, W. D. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Morrison, G.S. 2012. Dasar- dasar Pendidikan anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.
Paud GTD. 2020, Laporan Perkembangan Anak.
Mahyumi Rantina, M. Pd, dkk, 2020. Buku Panduan Stimulasi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia (0-6) Tahun. Jawa Barat: Edu Publisher.
Dahlenburg, G. D. 2002. Siapakah Pendeta itu? Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Gibbs, Eddie. 2010. Kepemimpinan Gereja di Masa Datang. Jakarta: Gunung Mulia.
Nawawi, Hadari. 200. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wirawan, M. S. L. (2013). Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Euangelion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.