Inovasi Pengembangan Komik Strip Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Bagi Siswa SDLB di SLB Negeri Sidikalang Tahun Ajaran 2022/2023
Keywords:
Innovation, Comic Strips, SDLB StudentsAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk melakukan inovasi pada Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kedalam bentuk Komik Strip Bagi Siswa SDLB di SLB Negeri Sidikalang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Karena data dan hasil penelitian ini sepenuhnya bergantung terhadap pengamatan manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian akan di Reduksi dimana Reduksi data yang didapat akan diorganisasikan untuk memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan dan wawancara untuk mempermudah penyanjian data dalam bentuk kesimpulan. Hasil Observasi,wawancara dan dokumentasi penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pengembangan Komik Strip Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bagi siswa SDLB di SLB negeri Sidikalang menunjukkan hasil yang baik dimana Komik Strip ini mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dan memperbudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tercapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bagi Siswa SDLB DI SLB Negeri Sidikalang.
References
Abdullah, R. (2017). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(1). https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Anak, S. P. (2009). Arikunto, Suharsimi.(1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Universitas.
Handayani, I. (2020). Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Sekolah Dasar. Mau’izhah, 10(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.45
Khairi, A. (2016). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 11(1).
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tita Berutu, Lince Sihombing, Bernad Bistok Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.