Pengembangan Handout Materi Ajar Pemeliharaan Lingkungan Hidup Untuk Anak Sekolah Minggu Usia 8-12 Tahun Di Gereja BNKP Gloria Sibolga

Authors

  • Lesnawati Harefa Pascasarjana IAKN Tarutung
  • Lince Sihombing Pascasarjana IAKN Tarutung
  • Simion D. Harianja Pascasarjana IAKN Tarutung

Abstract

Abstract:

The purpose of this study was to produce a handout of teaching materials containing appropriate environmental care materials for Sunday school children aged 8-12 years at the BNKP Gloria Church, Kab. Central Tapanuli. This research is a research and development research. The development model used in this study is the Borg and Gall development model which has been modified with six research and development steps, namely information gathering, planning, development stage, expert validation, product testing, and product revision. Based on the validation of expert lecturers on material and Bible interpretation, the Handout of Environmental Care for Sunday School Children Age 8-12 Years that has been developed is feasible to be used/applied to the learning process with validation data meeting the requirements to be suitable for use as learning material as evidenced by 85 ,55% (very good) from experts and 84.44% (very good) from Bible commentators. Then the results of the evaluation of the questionnaire conducted in a small group with respondents as many as 20 Sunday school children with different abilities obtained an average assessment of 4.17 (very good) with a percentage of 83.45% then field trials with 40 children Sunday schools with different abilities, showed the Handout of Environmental Maintenance Teaching Materials with an average score of 4.34 (very good) with a percentage of 86.97%. This indicates that the Environmental Maintenance Teaching Material Handout is very feasible to use.

Keywords: handout teaching, Sunday school, environmental, BNKP

 

 

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan handout bahan ajar berisi materi pemeliharaan lingkungan hidup yang sesuai untuk anak sekolah minggu usia 8-12 tahun di Gereja BNKP Gloria Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi dengan enam langkah penelitian dan pengembangan, yaitu pegumpulan informasi, perencanaan, tahap pengembangan, validasi ahli, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan validasi dosen ahli materi dan tafsiran Alkitab Handout Materi Ajar Pemeliharaan Lingkungan Hidup Untuk Anak Sekolah Minggu Usia 8-12 Tahun yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan/diterapkan pada proses pembelajaran dengan data validasi memenuhi persyaratan untuk layak digunakan sebagai materi pembelajaran dengan dibuktikan  dengan  85,55%  (sangat  layak)  dari  ahli dan 84,44% (sangat layak) dari ahli tafsiran Alkitab. Kemudian hasil evaluasi angket yang dilakukan pada kelompok kecil dengan responden sebanyak 20 orang anak sekolah minggu dengan kemampuan yang berbeda-beda didapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,17 (sangat baik) dengan persentase 83,45% lalu uji coba lapangan dengan 40 orang anak sekolah minggu dengan kemampuan berbeda-beda, menunjukan Handout Materi Ajar Pemeliharaan Lingkungan Hidup dengan rata-rata skor 4,34 (sangat baik) dengan persentase 86,97%. Hal ini mengindikasikan bahwa Handout Materi Ajar Pemeliharaan Lingkungan Hidup sangat layak digunakan.

Kata Kunci: pegembangan handout, sekolah minggu, lingkungan hidup, BNKP

References

Ahmad, M. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup dan Masa Depan Ekologi Manusia. Jurnal Forum Tarbiyah. 8(1): 57-71.

Ahmad, Tanzeh, 2009. Pengantar Metode Penelitian. Teras Ali Idrus: Yogyakarta.

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2015. Psikologi Perkembangan. PT. Rineka

Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Amemiya, K. & Macer, D. (2009). Environmental education and environmental behavior in Japanese students eubios. Journal of asian and international bioethics, vol. 9. p. 109-115.

Anas Sudijono, 2006. Pengantar Stastiktik Pendidikan. PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Anonim. 2007. Pendidikan Lingkungan Hidup Kembali Diintegrasikan ke Sekolah http://www.kompas.com. Diakses tanggal tanggal 15 Februari 2022.

Arie, Jan Plaisier, 2010. Manusia Gambar Allah. BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Arikunto. S, 2015. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Azwar, Saifuddin, 2007. Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bambang dan Muhsinatun, 2014. Pengaruh Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup terhadap Perilaku Peduli Lingkungan. Socia. Mei 2014, vol 11, No. 1: 16-22.

Barth, James. L, 2017. Methods of Instruction in Social Studies Education. University Press of America: New York.

Beckwith, Ivy. 2011. Gembakanlah Anak-anak Domba-Ku, ANDI: Yogyakarta.

Boehlke, Robert Richard, 2013. Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Plato Sampai Ig. Loyola, BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Bruce, Birch dalam buku Robert, 2003. Lets Justice Roll Down The Old Testament Ethics and Christian Life, Louis Ville./Jhon Knox: Westminster.

Caciuc, Viorica Torii, 2013. The role of virtue ethics in training students’ environmental attitudes. //Journal of procedia-social and behavioral sciences 92, p 122-127. Cipta: Jakarta.

Conny, Semiawan, dkk. 2013. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini. PT Remaja Rusda Karya: Bandung.

Darmiyati, Zuhdi, 2008. Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Bumi Aksara: Jakarta.

Darwati. 2011. Pemanfaatan Buku Teks oleh Guru dalam Pembelajaran Studi Kasus di SMA Negeri Kabupaten Semarang. Jurnal Paramita. Vol. 21 No. 1. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Downloads

Published

30-04-2022

Issue

Section

Articles