Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023
Keywords:
penguatan, kreativitas, Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti, siswa, guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis terdapat tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan pemberian penguatan (reinforcement) dan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan statistik inferensial. Populasi adalah seluruh Siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 adalah 166 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 50 orang yaitu 30% dari jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 55 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian penguatan (reinforcement) dan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan nilai sebagai berikut: Uji hipotesa diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,56 > 3,20 dan (r2) = 88,45% dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama dengan variabel Y. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
References
Abdurahman, Muhidin, & Somantri. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Pustaka Setia
Alma, Buchari. 2009. Guru profesioanal Menguasi Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alvabeta
Boehlke, Robert R. 2000. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Plato sampai IG Loyoha. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Djamara Bahri Syiful. 2013. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
E.G.Homrighausen.2005. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia
Farida Rahim, 2008. Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Fathurrohman, Muhammad. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Meninkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, J.J. Drs & Moedjiono. 1985. Proses Belajar Mengaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Idris, dan Marnao. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Imeldawati, T., Marbun, N., & Nainggolan, E. N. (2023). Strategi Pembelajaran PAK Anak di Era Digital dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak dalam Jemaat RPCC Cambridge Medan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 63–90.
Iskandar Agung. 2010. Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Bagi Guru. Cet 1, Jakarta: Bestari Buana Mumi
M. Arifi, Barnawi. 2015. Micro Teaching Teori dan Praktek Pengajaran Yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Makmun, A. S. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Moh. Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mudjiono, Dimayanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung: PT Rosdakarya
Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Munandar, Utami. 2017. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar, Yokyakarta: Ar-Ruzzmedia
Paulus Lilik Kristanto.2008. Prinsip dan Praktek PAK Penuntun bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi
Purwato, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosda Karya
Riduwan dan Sunarto, H. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sadirman. 2011. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sihombing, A. N. dan W. F. (2021). Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 5 No. 1, 116–124. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619
Singarimbun, Masri dan Shofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Soemanto, Wasti. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Wijaya, C., & Rusyan, T. (1991). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winaputra, Udin S. dkk. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Euangelion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.